IGI Maluku Kirim 15 Putra-Putri Guru IGI ke Kampus Nusa Putra yang Raih Akreditasi Internasional


Ambon, 3 Juli 2023 — Ikatan Guru Indonesia (IGI) Maluku siap mengirimkan 15 Siswa Putra – Putri dari keluarga Guru untuk mendapatkan beasiswa IGI kerjasama dengan Universitas Nusa Putra di Sukabumi, Jawa Barat. Beasiswa ini adalah program yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Maluku yang unggul, berdaya saing dan berintegritas, khususnya dari kalangan keluarga guru IGI.

” Kita semua paham bahwa keluarga guru terutama anak-anak guru akan kesulitan menerima beasiswa bidik misi selain beasiswa prestasi, sehingga kita mencari solusi untuk bekerjasama dengan kampus-kampus terbaik di Pulau Jawa, agar meringankan beban guru dalam menyiapkan masa depan putra-putrinya,” ujar Ketua IGI Maluku, Ode Abdurrachman dalam meeting virtual bersama 15 siswa yang mewakili 8 Kabupaten Kota se-Maluku.




Para siswa yang lolos seleksi ini akan belajar pada program studi terakreditasi unggul sesuai peminatan mereka di Universitas Nusa Putra, salah satu kampus yang telah mengikuti akreditasi internasional oleh AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes) dari Jerman. AQAS adalah lembaga akreditasi internasional yang berorientasi pada standar Eropa dan menggunakan model akreditasi berbasis outcomes.

Sebanyak 6 program Studi di Universitas Nusa Putra telah sukses melaksanakan visitasi lapangan akreditasi internasional oleh AQAS pada tahun 2022 dan 2023. Program studi tersebut adalah Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi.


Koordinator Penanggung Jawab Beasiswa IGI Nusa Putra, Dr. Jasman Syah, mengatakan bahwa proses akreditasi internasional ini merupakan langkah yang diambil kampus Nusa Putra sebagai upaya meningkatkan kualitas akademik dan rekognisi Nusa Putra di level internasional.

” Dengan perolehan akreditasi internasional ini, kami berharap para mahasiswa yang belajar di sini dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja global,” kata Jasman.

Salah satu orang tua yang anaknya diusulkan untuk  mendapatkan beasiswa IGI Nusa Putra adalah Aba Rahantan, Guru pada  SD Muhammadiyah 2 di Kota Ambon, Ia mengaku sangat bersyukur dan bangga dengan kesempatan ini.

“ Anak saya, bercita-cita menjadi sarjana Teacnoprenure. Saya senang dia bisa mewujudkan mimpinya di kampus Nusa Putra yang terakreditasi internasional. Saya berterima kasih kepada IGI Maluku yang telah memberikan bantuan ini,” kata Aba.

Ahmad Sou, salah satu  Kepala Seksi bidang Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, juga merasa lega dan bahagia dengan beasiswa IGI Nusa Putra, karena setelah mendiskusikan dengan anaknya dan difasilitasi IGI Maluku juga berminat dan  akan melanjutkan ke program studi Nusa Putra .


“ Saya selalu mendukung minat dan bakat anak saya. Saya yakin dia akan bisa berkembang dan berprestasi di kampus Nusa Putra yang memiliki fasilitas dan kurikulum yang berkualitas. Saya mengucapkan terima kasih kepada IGI Maluku yang telah memberikan kesempatan emas ini,” ujar Ahmad.

Selain memberikan beasiswa kepada putra-putri guru, IGI Maluku juga berencana untuk memfasilitasi para guru-guru anggota IGI Maluku untuk meningkatkan kualitas profesinya dengan bekerjasama dengan kampus-kampus ternama, terakreditasi unggul agar para guru Maluku yang memenuhi syarat bisa melanjutkan studi ke pascasarjana dengan fasilitas beasiswa atau keringanan biaya studi.

” Kami ingin memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Maluku. Kami berharap program-program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan prestasi para guru di Maluku termasuk  siswa-siswi mereka,” tutur Ode. (HS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama